Minggu, 14 April 2013

METROLOGI bukan " Meteorologi"

Kalo baca topik di atas pasti kepikiran seperti kompetisi antara dua club bola atau dua petinju atau apa aja deh yang berhubungan dengan pertarungan (betul ngak ya???). Tapi yang ini beda loh…kalo mau tau bedanya baca sampai habis ya…biar enak membacanya bisa juga disiapin secangkir teh panas dan sebungkus kacang….nah kalo begini kan lebih enak….
Bagi teman-teman metrologi boleh dikatakan semuanya pernah mengalami kejadian ini, ketika melaksanakan tugas negaranya atau lagi melakukan perjalanan, kemudian ada bapak atau ibuk2 yang yang tanya kerja dimana? Lantas dijawab “metrologi” spontan yang tanya menjawab “oh yang kerja di bandara ya, untuk memantau iklim atau cuaca??” atau dengan jawaban lain “oh yang kerja untuk mendeteksi masalah gempa itu ya (BMKG “Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika”)”. Tapi dengan sedikit senyuman manis khas metrologi (ada gk yaa??) menjawab “bukan pak, itu meteorologi, saya dari metrologi (dengan sedikit penjelasan dengan dalil UU No 2 tahun 1981 tentang metrologi legal) yaitu yang menangani masalah ukur megukur pak atau yang lebih bapak kenal dengan kegiatan tera atau tera ulang (walau sebenarnya tidak hanya tera dan tera ulang)”. Tapi salahkah ketidaktahuan bapak ini atau masyarakat yang lain yang juga memiliki fikiran yang sama? tentu tidak, karena kita belum memberikan penyuluhan atau penjelasan kepada masyarakat luas…nah tulisan ini admin buat sebagai salah satu sarana untuk memberikan penjelasan tersebut dan admin yakin teman2 penera atau pengamat tera sudah tahu bedanya. Admin berharap pada teman2 sekalian bisa membagikan tulisan ini atau alamat blog ini pada forum jejaring sosial yang kita miliki. Untuk tidak berpanjang2 kita bahas satu2 yuk …..:
1. Metrologi
Menurut UU No 2 tahun 1981 tentang metrologi legal, metrologi adalah ilmu pengetahuan tentang ukur-mengukur secara luas. Untuk memudahkan kita dalam mengingat dan membedakankannya dengan meteorologi, maka kita perlu pelajari asal kata metrologi. Dilihat dari asal katanya metrologi terdiri dari dua kata yaitu “metre” yang berati ukur dan “logi” yang berarti ilmu dan bila digabungkan akan menjadi ilmu ukur (sedikit lebih mudah bukan?). Namun metrologi sebenarnya tidak hanya sekedar mengukur aja lo, namun lebih luas lagi metrologi juga berarti bagaimana menemukan standar ukuran seperti yang kita kenal sekarang 7 besaran ukuran pokok, menentukan pemakaian satuan ukuran, dan menemukan metoda pengukuran yang tentunya lebih baik lagi. sejarah perkembangan metrologi atau ilmu tentang pengukuran ini menjadi tulang punggung perkembangan peradaban manusia, tanya kenapa???? jawabannya karena kehidupan manusia tidak pernah lepas dari yang namanya pengukuran sederhanya ketika masih dalam kandungan, fase-fase janin sudah diukur dan ketika meninggal pun harus diukur, berapa liang lahat yang diperlukan untuk menguburkan diri kita. Jadi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban manusia tak pernah lepas dari metrologi (ilmu pengukuran). Dalam perkembangan selanjutnya metrologi menjadi berkembang lagi menjadi spesikasi keilmuanya dari metrologi legal, metrologi teknis, metrologi nuklir dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya bisa di googling aja atau tunggu tulisan berikutnya dari admin dan dari kontributor lain dari blog ini. Untuk menambah pengetahuan tentang metrologi juga bisa klik di http://www.diklatmet.or.id/.
2. Meteorologi
Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmosfer bumi khususnya untuk keperluan prakiraan cuaca atau ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer. Sama halnya dengan metrologi untuk memudahkan kita mengingatnya maka kita bisa melihat dari asal katanya. Kata meteorologi berasal dari bahasa Yunani yaitu meteoros yaitu ruang atas (atmosfer), dan logos yaitu ilmu…Sedikit tambahan penjelasan bahwa meteorologi juga mempunyai cabang-cabangnya juga lo. Berikut ini penjelasannya :
CABANG – CABANG ILMU METEROLOGI
1. KLIMATOLOGI / IKLIM.
Yakni Ilmu pengetahuan yang membahas keadaan cuaca secara umum atau secara rata – rata
2. METEOROLOGI SYNOPTIK
Yakni cabang imu pengetahuan yang membahas dan mempelajari Arus cuaca dan di gambarkan di atas peta synoptik sehingga dapat menerangkan perkembangan cuaca yang akan datang.
3. METEOROLOGI AEROLOGI
Yakni cabang Ilmu yang mempelajari dan membahas keadaan cuaca di lapisan atas permukaan bumi.
4. METEOROLOGI PENERBANGAN
Yakni cabang Ilmu yang mempelajari dan membahas keadaan cuaca untuk keperluan Penerbangan.
5. METEOROLOGI MARITIM
Yakni cabang Ilmu yang mempelajari dan membahas keadaan cuaca untuk keperluan pelayanan informasi maritim.
6.METEOROLOGI PERTANIAN
Yakni cabang Ilmu yang mempelajari dan membahas keadaan cuaca untuk keperluan informasi kegiatan pertanian.
Untuk menambahkan wawasan kita tentang meteorologi bisa mengunjungi
Nah…sudah tahukan bedanya antara metrologi dengan meteorologi…..jadi bapak, ibuk, saudara, saudari dan teman2 sekalian jangan sampai keliru lagi ya… sebenarnya wajar aja kalo di awal keliru karena emang kita tidak tahu…dan terakhir admin ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut mempublikasikan tulisan ini atau blog ini demi kebaikan kita semua dan kepastian pengukuran di Bangsa Indonesia Tercinta

dikutip dari : http://metrologilegal.wordpress.com/2011/10/28/metrologi-vs-meteorologi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar